Scroll to top

Pengiriman gratis Untuk pesanan min Rp 100.000

0

Pusat Bantuan082292579692

Keranjang Belanja

Sistem Politik di Indonesia dari Masa ke Masa Hingga Kini

Selasa, 02 Mar 2021, 08:10:16 WIB / By hidayat

Sistem Politik di Indonesia dari Masa ke Masa Hingga Kini

Keterangan Gambar : Sistem Politik di Indonesia dari Masa ke Masa Hingga Kini ( karkoon.com )


Sistem Politik di Indonesia dari Masa ke Masa Hingga Kini

Sistem politik di Indonesia dapat diartikan sebagai kumpulan atau bahkan keseluruhan dari berbagai kegiatan negara Indonesia. Lalu juga yang berkaitan dengan kepentingan umum, termasuk dalam proses penentuan tujuan, pengambilan keputusan, upaya mewujudkan tujuan, seleksi, serta penyusunan skala prioritasnya.

Mengenal Sistem Politik di Indonesia

Menurut Drs. Sukarno, yang dimaksud dengan pengertian sistem politik Indonesia adalah sekumpulan pendapat dan juga prinsip yang dapat membentuk kesatuan yang berhubungan satu sama lain.

Untuk mengatur pemerintahan dan juga melaksanakan serta mempertahankan kekuasaan. Dengan cara mengatur individu atau suatu kelompok individu dengan negara.

Pada saat Indonesia baru merdeka dahulu, pemerintah saat itu belum mengatur sistem pemerintahan. Para pendiri Indonesia waktu itu masih terus berusaha mencari sistem pemerintahan seperti apa yang tepat diterapkan di Indonesia.

Pada awal Soekarno-Hatta dilantik, sistem pemerintahan yang diterapkan adalah sistem presidensial. Sistem presidensial tersebut tersentral pada Soekarno-Hatta.

Kemudian sistem politik di Indonesia pemerintahan berubah menjadi sistem demokrasi parlementer. Dalam demokrasi parlementer, kedaulatan sepenuhnya berada di tangan rakyat.

Beberapa Sistem Politik yang Pernah Ada di Indonesia

Sejarah Indonesia mencatat, bahwa ada beberapa sistem politik yang dianut Indonesia dari jaman kemerdekaan hingga saat ini. Beberapa politik tersebut adalah sebagai berikut.

Masa Kolonial

Di mana datangnya bangsa asing ke Indonesia yang memberikan banyak perubahan dalam politik. Terutama saat tujuan utamanya tidak lagi berdagang, melainkan untuk menduduki Indonesia. Kapabilitas kepemimpinan saat itu mulai terganti oleh bangsa asing.

Demokrasi Liberal

Dikenal sebagai politik bebas yang ditandai dengan tumbuhnya partai politik dan berlakunya kabinet parlementer.

Masa Demokrasi Terpimpin

Berbeda dengan demokrasi liberal, pada masa ini banyak sekali batasan yang dibuat. Semua hal harus dikuasai militer, keterlibatan militer yang kuat bahkan sangat sulit untuk bisa ditembus.

Masa Demokrasi Pancasila

Pada masa demokrasi ini sudah sangat banyak sekali terjadi perubahan. Pemerintahan menjadi lebih longgar, hanya saja fungsi disini kurang jelas. Meskipun beberapa aspek lebih baik pada saat demokrasi terpimpin.

Masa Reformasi

Pada era reformasi dimulai, berbagai aspek mulai diperhatikan oleh negara. Hal yang paling terlihat jelas adalah di mana perhatian tertuju pada HAM atau Hak Asasi Manusia.

Demokrasi liberal

Diartikan sebagai demokrasi yang berdasar pada hak-hak individu. Pada masa demokrasi liberal di Indonesia ini berlangsung, pemerintahan sangat tidak stabil dan banyak program pemerintah yang dibuat tidak dapat berjalan dengan baik.

Sumber Sistem Politik di Indonesia

Sistem politik Indonesia bersumber dari semua ketentuan yang ada dan tercantum dalam UUD 1945. Sistem politik yang dianut Indonesia juga berdasarkan dari budaya itu sendiri. Nilai budaya bersifat turun menurun, serta juga bisa diadopsi dari sebuah nilai budaya asing yang tentunya sesuai dengan sistem politik Indonesia.

Sistem politik Indonesia dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan dari berbagai kegiatan dalam negara, yang memiliki kaitannya dengan kepentingan umum.

Politik di Indonesia Saat Ini

Adanya perkembangan sistem politik di Indonesia saat ini ditandai dengan kedaulatan rakyat yang termanifestasi dalam pemilihan parlemen dan juga presiden setiap lima tahun sekali. Sejak Order Baru kepemimpinan Suharto berakhir, dan dimulainya periode reformasi.

Sistem Pemilu di Indonesia

Setiap adanya pemilu di Indonesia selalu menerapkan kebebasan dan keadilan. Namun sayangnya, Indonesia belum terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Menjamurnya politik uang di Indonesia membuat orang bisa membeli kekuasaan dan juga posisi politik. Sistem politik di Indonesia yang seperti ini seharusnya segera dibenahi agar tidak menjadi politik turun-menurun.


Video Terkait: