Scroll to top

Pengiriman gratis Untuk pesanan min Rp 100.000

0

Pusat Bantuan082292579692

Keranjang Belanja

Memimpikan Rumah Modern dengan desain Minimalis yang Ramah Lingkungan?
Ini 5 trik yang harus kita perhatikan !

Jumat, 19 Mar 2021, 08:33:32 WIB / By hidayat

Memimpikan Rumah Modern dengan desain Minimalis yang Ramah Lingkungan?

Keterangan Gambar : Memimpikan Rumah Modern dengan desain Minimalis yang Ramah Lingkungan? ( karkoon.com )


Siapa sih yang gak pengen punya rumah impian minimalis nan modern yang eco friendly. Tidak dipungkiri lagi sih kalau rumah dengan desain yang minimalis tapi modern yang sangat ramah lingkungan ini mendjadi hunian favorit banyak orang. Apalagi kalau sudah didesain dengan sederhana, tapi tetap memberikan kesan yang elegan. Duuuh, jadi ingin segera memiliki niih!

Gaya hidup masyarakat modern jaman sekarang memang identik dengan bermacam hal yang simpel, fungsional, dan juga praktis.  Pun berlaku ketika akan membangun rumah. Dimulai dari membuat desain rumah yang sesuai dengan keinginan dan ekspektasi kita. Termasuk desain rumah yang lagi hangat-hangatnya yaitu desain rumah tipe minimalis modern.

Di mana, desain rumah ini memungkinkan penghuni memasukkan beragam unsur kepentingan penghuni rumah yang memang akan tinggal di rumah tersebut, supaya nantinya kesemua penghuni rumah bisa merasakan kenyamanan yang sama tinggal di rumah tersebut, bukan hanya kenyamanan bagi beberapa penghuni rumah saja, melainkan semuanya.

Desain rumah modern tipe minimalis juga dapat membantu kita dalam menjaga kondisi lingkungan supaya tetap aman, sehat, dan juga nyaman.

Berbicara masalah “Mengapa menyukai desain rumah modern yang minimalis” pasti masyarakt langsung berasumsi bahwa salah satunya adalah karena ketika desain rumah modern in dibuat minimalis, maka secara langsung akan terlihat praktis dan ekonomis. Otomatis ini akan membuat keseluruhan fungsi yang dibutuhkan dalam hunian bisa diringkas dalam area yang lebih kecil lagi, dengan kenyamanan yang sama sekali tidak berkurang bahkan bisa lebih nyaman dibandingkan sebelumnya.

Semakin kreatif seseorang atau arsitek yang Anda sewa untuk menyelesaikan desain rumah minimalis modern Anda, maka akan semakin efektif dan nyaman rumah tempat tinggal Anda, sesuai dengan kebutuhan juga.

Melissa Rappaport Schifman dalam bukunya yang berjudul Building a Sustainable Home, menuliskan bahwa membangun rumah ramah lingkungan berarti membangun hunian berkualitas tinggi. Sering kali bangunan akan bertahan lebih lama dari rumah lainnya.

Berbicara masalah hunian yang berkualitas, berikut sudah dirangkum 5 tips yang sangat perlu diperhatikan dalam mendesain rumah minimalis nan modern yang ramah lingkungan.

1.         <!--[endif]-->Bentuk ruang

Rumah minimalis modern dapat dibangun dengan atap datar atau miring, yang bisa dipasang tanaman sebagai penutupnya. Dengan suguhan atap dari tanaman yang berwarna hijau bisa meningkatkan kualitas udara, sementara akarnya dapat dijadikan sehat ataupu hiasan dinding yang berfungsi membantu melindungi bahan bangunan agar tahan lama.

Dalam ruangan, kita dapat menggunakan panel surya untuk menghemat biaya. Apalagi dizaman sekarang, sudah banyak inovasi panel surya yang memiliki daya tarik visual.

 

2.         <!--[endif]-->Ruang terbuka

Dan kita dapat membangun kamar-kamar dengan ruang terbuka untuk menciptakan suasana alami. Gunakanlah garis interior yang bersih dan biarkan beberapa furniture tampak mencolok. Kita dapat gunakan bahan alami seperti kain organic untuk menciptakan efek alam bebas, serta sirkulasi udara juga akan bekerja dengan baik.

 

3.         <!--[endif]-->Pencahayaan

Dalam hal perancangan rumah minimalis yang ramah lingkungan, point yang paling penting adalah memiliki jendela besar dan banyak diseluruh ruangan.

Maka cahaya alami lingkungan yang masuk kerumah menciptakan suasana seperti ruang hidup.

 

4.         <!--[endif]-->Bahan baku

Hal terpenting ketika berencana akan merenovasi atau membangun kembali rumah adalah mempertimbangkan untuk menggunakan struktur pondasi asli.

So, gunakan bahan seperti semen, batu bata, baja, atau kaca sebagai bahan bangunan ramah lingkungan. Tapi jangan lupa juga untuk mendaur ulang material yang masih bisa dimanfaatkan seperti keramik, alumunium, dan kayu. Sebagai bahan pertimbangan, carilah kayu jenis komposit yang terbuat dari serbuk gergaji dan sekam padi karena hal ini bertujuan untuk menghemat biaya produksi dan ramah lingkungan.

 

5.         <!--[endif]-->Fokus pada kesederhanaan

Selanjutnya yang menjadi point mendasar dari rumah modern dengan desain minimalis ini adalah berupaya untuk mengurangi keramaian dengan memberikan penekanan khusus pada kesederhanaan. Dalam skema 'back to basic', minimalis seringkali sulit dipengaruhi konsep eco friendly. Padahal ini semua bisa menjadi ide yang unik.

Ketika tren modern minimalis dan ramah lingkungan bertemu, hasilnya akan mengejutkan, inovatif, dan terus berkelanjutan.

Maka sangat penting mengusung konsep kesederhanaan yang ditempelkan pada hal yang bersifat modern. Yaps, dengan konsep minimalis tentunya.