Scroll to top

Pengiriman gratis Untuk pesanan min Rp 100.000

0

Pusat Bantuan082292579692

Keranjang Belanja

Bantuan Kartu Prakerja Telah Dibuka Kembali, Buruan Daftar Sekarang

Senin, 01 Mar 2021, 07:52:58 WIB / By hidayat

Bantuan Kartu Prakerja Telah Dibuka Kembali, Buruan Daftar Sekarang

Keterangan Gambar : Bantuan Kartu Prakerja Telah Dibuka Kembali, Buruan Daftar Sekarang ( Karkoon.com )


Bantuan kartu prakerja telah kembali dibuka untuk gelombang 12. Pembukaan tersebut resmi dibuka oleh Menteri koordinator dalam bidang Perekonomian Airlangga. Untuk pendaftaran kartu prakerja dapat anda lakukan dengan mengakses situs prakerja.

Waktu yang tersedia dari pihak Head of Communication PMO kartu prakerja untuk bisa melakukan pendaftaran untuk gelombang 12 sampai dengan Jumat 26 Februari 2021.

Adanya penjelasan bahwa seleksi kartu prakerja bukan berdasarkan dari siapa yang terlebih dahulu mendaftar, melainkan proses randomisasi baru akan dilakukan setelah penutupan untuk gelombang 12. Sehingga, apabila anda terdapat kesulitan dalam mengunggah KTP, anda dapat mencobanya kembali ketika malam hari atau hari besok sampai dengan tanggal 26 Februari.

Faktor yang menjadi penyebab kesulitan dalam mengunggah identitas diri yakni karena meningkatnya antusias dari masyarakat dalam mendaftarkan diri menjadi peserta kartu prakerja.

Untuk kuota kartu prakerja gelombang 12 ini sebanyak 600.000 peserta. Target keseluruhan peserta sebanyak 2,7 juta orang.

Syarat untuk Bantuan Kartu Prakerja

Sebelum mendaftar anda harus memenuhi syarat berikut ini:

Pertama, anda harus berkewarganegaraan Indonesia (WNI). Usia anda minimal sudah 18 tahun. Tentunya anda sedang tidak menempuh pendidikan formal. Penerima Kartu Prakerja. Orang yang mencari pekerjaan..Pekerja yang terkena PHK.

Orang yang bekerja yang membutuhkan peningkatan pada kompetensi kerja. Dalam artian, orang yang telah bekerja pun diperbolehkan untuk mendaftar bantuan kartu prakerja tetapi dengan memenuhi persyaratan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi.

Kartu prakerja ini memprioritaskan untuk pekerja ataupun buruh yang dirumahkan maupun orang yang memiliki usaha mikro serta kecil yang terdampak akibat Covid-19.

Bantuan kartu prakerja juga terbuka untuk lulusan dari mana pun. Karena, hal yang menjadi patokannya yakni dalam peningkatan kompetensi kerja serta keahlian.

Bukan orang yang menerima bansos dari kemensos di tahun 2020. Selain anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, dan lain-lainnya.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

  1. Langkah pertama, terlebih dahulu, anda harus masuk ke dalam situs www.prakerja.go.id, lalu klik bagian Daftar.
  2. Kemudian masukkan nama lengkap anda, alamat email, serta kata sandi anda.
  3. Selanjutnya anda dapat membuka email dari kartu prakerja dan anda bisa mengikuti petunjuk supaya mengkonfirmasi akun.
  4. Jika sudah, anda dapat melengkapi data diri dengan kembali ke situs prakerja.
  5. Tahapan berikutnya anda dapat log in dengan alamat email serta kata sandi yang telah anda daftarkan.
  6. Lalu, anda bisa memasukkan tanggal lahir dan juga nomor KTP. Klik Berikutnya.
  7. Anda bisa melengkapi data diri dengan pengisiannya. Jika sudah, klik Berikutnya.
  8. Terakhir anda dapat memasukkan nomor telepon serta kode OTP yang telah anda terima melalui SMS.

Status Sedang Dievaluasi Muncul di Kartu Prakerja

Pendaftaran saat ini nantinya anda akan menjumpai sedang dievaluasi. Sedang dievaluasi memiliki artian periode sejak anda bergabung menjadi peserta kartu prakerja serta dalam seleksi sampai dengan proses seleksi berakhir. Proses seleksinya pun dilakukan oleh sistem, setelah penutupan gelombang. Bukan manusia yang melakukannya.

Waktu Proses Evaluasi Kartu Prakerja

Waktu yang dibutuhkan dalam proses evaluasi kartu prakerja tidak akan memakan waktu lama. Sistem yang melakukan pemeriksaan data dari berbagai pihak yang berkaitan dengan administrasi.

Anggaran Dana untuk Kartu Prakerja

Anggaran untuk bantuan kartu prakerja telah mencapai Rp 10 triliun dengan beberapa nilai manfaat kartu prakerja, seperti bantuan untuk pelatihan Rp 1 juta, intensif untuk pasca pelatihan total Rp 2,4 juta (Rp 600 ribu x selama 4 bulan), dan juga intensif untuk pasca survei sebanyak Rp 150 ribu (Rp 50 ribu x 3 survei).


Video Terkait: