Daftar Lokasi Tambang Emas Kalimantan

tambang emas kalimantanTambang Emas Kalimantan – Tahukah Anda? Emas merupakan suatu mineral. Namun bukan sembarang mineral, karena ada yang menyebutnya sebagai logam mulia bernilai tinggi. Tak perlu dipungkiri bahwa harga emas selalu naik menjadi lebih mahal dari waktu ke waktu. Coba saja diperhatikan harga emas dari tahun 2000 hingga sekarang. Anda dapat menemukan perbedaan spesifiknya.

Banyak yang memburu emas dalam bentuk mentah (langsung dari gunung tempat penambangan/belum diolah) maupun dalam bentuk jadi seperti emas batangan, cincin, kalung, gelang, koin dinar, olahan emas lainnya, dan sebagainya. Maka dari itu, jika kita menilik lebih dalam lokasi penambangan emas selalu dipenuhi oleh warga sekitar yang sedang berusaha untuk menemukan batu yang mengandung emas untuk dibawa ke pabrik pengolahan emas terdekat.

Tambang Emas Kalimantan

Banyak lokasi di Kota Indonesia yang terkenal dan dijadikan sebagai tambang emas, salah satu yang terkenal yaitu lokasi tambang emas kalimantan. Saat ini lokasi tambang emas Kalimantan tidak hanya dikuasai oleh perusahaan asing dan badan Usaha Milik negara (BUMN) saja, namun banyak perorangan yang melakukan penambangan sendiri.

Berikut daftar lokasi tambang emas Kalimantan:

  1. Monterado (Kalimantan Barat)
  2. Malinu (Kalimantan Timur)
  3. Kotabaru (Kalimantan Selatan)
  4. Kapuas (Kalimantan Tengah)
  5. Palangkaraya (Kalimantan Selatan)
  6. Kelian, Kutai Barat (Kalimantan Timur)

Apabila tambang-tambang emas di Kalimantan tersebut dapat dikelola secara profesional, maka tidak menutup kemungkinan dari tambang emas tersebut dapat menyejahterakan masyarakat Indonesia, khususnya Kalimantan. Selain itu, negara dan pemerintah daerah juga akan mendapat keuntungan berupa masukan pajak dari tambang-tambang tersebut.

Tidak hanya batu yang mengandung emas saja yang dilirik, namun limbah buangan dari proses penambangan emas juga harus diperhatikan. Limbah emas termasuk ke dalam limbah B3, karena mangandung mercury.

Jika tidak ditangani secara khusus, limbah emas yang mengandung mercury ini dapat mengganggu kesehatan manusia. Jika senyawa mercury masuk ke dalam tubuh manusia melalui air, maka dapat menyebabkan keracunan hingga kematian.  Bahaya inilah yang harus kita waspadai.

 

Artikel Terkait :

 

Related Posts:

lokasi tambang emas taliwang

Lokasi Tambang Emas Taliwang

Lokasi Tambang Emas Taliwang – Taliwang merupakan daerah yang sangat...

lokasi tambang emas terbaru

Ternyata ada Lokasi Tambang Emas Terbaru

Lokasi Tambang Emas Terbaru – Nama kolaka sudah disebut sejak...

tambang emas di indonesia

Daftar Lokasi Tambang Di Indonesia

Tambang Emas di Indonesia – Emas logam lunak yang  mudah...