Sistem-Sistem Pengolahan Tambang Emas

Sistem-Sistem Pengolahan Tambang Emas

Banyak orang yang  belum memahami cara pengolahan batuan emas dan banyak orang yang mendapatkan hasil yang kurang memuaskan karena kuarng baik dalam pengolahan emas. Disi kita akan bahas apa saja sistem pengolahan emas yang umum dan sering di gunakan para peatambang untuk mendapatkan hasilyang maksiamal.

Berkut adalah sitem-sitem pengolahan emas :

  1. SISTEM TROMOL (gelondong)

    Sistem-Sistem Pengolahan Tambang Emas
    Gambar : Sistem GLONDONG

Sistim pengolahan ini biasanya digunakan dalam pengolahan tambang dalam sekala kecil yang mudah di ajangkau dan tidak membutuhkan ruang atau tempat yang besar. Pengolahan ini cocok untk tambang emas rakyat dan untuk orang awam , karena pengolahan ini merupakan slahsatu alat atau cara meangolah batuan emas yang paling dasar atau Konvensional, namun ada beberapa kekurangan dalam sistim pengolahan ini, karena sebagian besar kandungan emas yang terdapat dalam baatu masih terbungkus dengan logam atau mineral Sulfida, sehinga sulit untuk teramalgamasi tanpa adanya batuan proses kimiawi.

info lebih lengkap :Cara Pengolahan Emas Sistem Glondong

Ada beberapa faktor yang memepengaruhi perolehan sistem ini yaitu :

  1. Mineral-mineral induk
  2. Ukuran butiran Mineral emas
  3. Mneral-mineral pembawa emas
  4. Asosiasi mineral pembawa emas atau mineral induk

 

  1. Sisitim SIANIDASI

Proses Sianidasi atau proses MacArthur-Forrest adalah teknik pengolahan untuk memisahakan emas dari bijih kadar rendah dengan mengubah emas menjadin

kompleks koordinasi yang larut di air. Sistim ini merupakan proses paling umum di pakai untuk mengextrasi emas. Ada beberapa sitem untuk mengexstrsi emas
dalam sistim Sianidasi yaitu :

  1. Sistem Tong

Sistim ini biasanya hanya di gunakan untuk mengxstrasi emas dari lumpur yang halus nya saja yang dihasilkan mesin Tromol atau glundung. Lumpur yang kasar biasanya di peroses dengan cara rendaman atau pun siraman.

  1. Sistem Rendaman

Sistem rendaman adalah proses Exstarsi emas denga cara merendam hasil dari sisem glondong mengunakan bahan kimia tertentu, sistem rendaman memiliki dua tahap. Pertama perlakuan  Bak I atau Bak Kimia, yaitu peroses pengadukan atau pencampuran semua larut sampai pada PH 11-12 dengan mengunakan Caustic Soda (NaOH),sedangkan perlakuan di Bak II atak Bak Lumpur, yaitu peroses pencampuran Bak I dengan batuan atau lumpur yang mengandung emas dan juga bahan campuran kimia lain nya. Lalu sirkulasikan ke Bak I melalui Bak Penyadapan atau Penangkapan untuk mendapatkan hasil dari roses ini.

 

  1. Sistem Penyiraman

Sedankan sistem Penyiraman di gunakan jika bahan bahan yang di olah tidak telalu bagus, keuntungan yang di dapat pun biasanya kuaran maksimal, karena membutuhkan penjagaan yang lebih dan waktu yang lebih lama dibandingkan rendaman.

 

  1. HEAP LEACHING

Ide dasar daari sistem penyiramna dan perendaman adalah Teknologi Heap atau Dump Leach, yang memlliki arti tingkatan,undakan atau tersering sedangka Leach berarti pelarutan atau pencucian.

 

Heap Leaching Merupakan peroses pengambilan bijih emas dengan melarutkan bijih emas dalam larutan natrium sianida  dilakukan dengan cara berulang –ulang dengan suasana basa. Dalam proses ini natrium sianida senyawa kompleks

Dengan emas yang larut pada air. Senyaw komplek itu kemudian ditangkap atau di serap oleh karbon aktif yang menjebak senyawa ke ronga-ronga karbon aktif . Biasanya penambang mengunakan karbon aktif Black Diamond, karena Karbon aktif Black Diamond memiliki pori-pori yang banyak sehinga mampu menampung pertikel atau abu emas lebih banyak dibandingkan karbon aktif lain. Ciri khas dari Karbon Aktif BLACK DIAMOND ini permukaan yang luas dan kasar.

 

Setelah melakukan Sirkulasi kita akan memperoleh padatan karbon aktif yang lebih berat dari semua. Selnjutnya leburkan Karbon aktif yang mengandung senyawa kompleks pada tempeartur tinggi maka akan hanya akan teringal logam emas  nya saja.

 

 

Related Posts:

alat tambang emas sederhana

Alat Tambang Emas Sederhana

Alat Tambang Emas Sederhana – Tambang (Tempat Terjadinya Kegiatan) merupakan, kosakata ...

gelundung atau tromol

Cara Pengolahan Emas Sistem Gelundung Atau Tromol

Gelundung atau tromol – Di dalam pertambangan emas ada beberapa...