Ternyata Begini Keadaaan Lokasi Tambang Emas Toraja

lokasi tambang emas toraja

Lokasi Tambang Emas Toraja – Asal usul kata toraja berasal dari bahasa Bugis, to riaja yang artinya orang yang berdiam di negerti atas. Suku Toraja adalah suku yang menetap di bagian utara Sulawesi Selatan, Indonesia. Sebelum abad ke – 20, suku Toraja tinggal di desa otonom. Mereka masih menganut animisme dan belum tau soal dunia luar.

Dahulu kegiatan di Toraja ini hanya mengukir kayu dan anyaman. Namun, semenjak ada salah satu masyarakat suku di desa ini menemukan Lokasi Tambang Emas Toraja mereka sangat merasa beruntung. Akan tetapi dengan adanya penemuan matrial ini masih banyak suku toraja yang belum yakin.  Apabila anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai Lokasi Tambang Emas Toraja di bawah ini saya akan menjelaskannya :

Lokasi Tambang Emas Toraja

Lokasi Tambang emas yang berada di wilayah Kabupaten Toraja Utara sudah mulai dieksploitasi atau produksi. Kepala Dinas Pertambangan dan Energi(Distamben) Toraja Utara, mengatakan sudah dari awal Maret 2011 mereka sudah produksi dengan kapsitas produksi seribu sampai dua ribu ton material per minggu.

Hingga saat ini material yang diangkut terdapat banyak bahan mineral seperti emas, tembaga, dan seng. Sedangkan di lokasi tambang Talimbangan bahan galian utama adalah besi dengan mineral ikutan seperti emas, timah hitam, tembaga dan perak. Akan tetapi dibalik kekayaan alam yang begitu banyak Dinas Pertambangan dan Energi mengaku kesulitan menertibkan kegiatan penambangan galian emas. Ternyata, Pemkab Tana Toraja belum memiliki peraturan daerah yang mengatur tentang pengelolaan pertambangan di daerahnya.

Usaha pertambangan ilegal yang kian marak juga berpotensi mengakibatkan rusaknya lingkungan sekitar. Sampai saat ini belum ada tindakan tegas mengantisipasi maraknya usaha penambangan ilegal.  Selain itu keuntungan yang diperoleh masyarakat Toraja Utara dari aktivitas pertambangan ini bisa membantu perekonomian mereka.

Semua kabupaten di Sulsel juga akan mendapat bagi hasil pajak dari pertambangan di daerah ini. Perubahan di Toraja pun sudah banyak misalnya tempat yang belum ada sekolah akan dibangun sekolah, kalau sudah ada ditingkatkan kualitas bangunan dengan fasilitas kesehatan, listrik, air minum dan transportasi.

Artikel Terkait :

 

Related Posts:

lokasi tambang emas pulau buru

Berikut ini Lokasi Tambang Emas Pulau Buru

Lokasi Tambang Emas Pulau Buru – Penemuan tambang emas di...

tambang emas di indonesia

Daftar Lokasi Tambang Di Indonesia

Tambang Emas di Indonesia – Emas logam lunak yang  mudah...

lokasi tambang emas balikpapan

Beginilah Keadaan Lokasi Tambang Emas BalikPapan

Lokasi Tambang Emas BalikPapan – Balikpapan merupakan sebuah kota di...