Penemuan Lokasi Tambang Emas Terbaru

Lokasi Tambang Emas Terbaru – Kegiatan pertambangan boleh-boleh saja dilakukan, asalkan tidak merusak alam sekitarnya. Maka dari itulah masyarakat sekitar lokasi yang dibidik sebagai lokasi pertambangan emas potensial sangatlah kontra. Mereka takut lingkungannya rusak. Begitu pun dengan sejarah penemuan di Kolaka.

Lokasi Tambang Emas Terbaru

Penemuan lokasi tambang emas di Kolaka ini memang memiliki sejarah yang panjang. Kebanyakan masalah yang mendominasi adalah kontra dari masyarakat sekitar. Ini dikarenakan potensi emas yang ditemukan di Kolaka ini masuk dalam hutan konservasi. Yakni sebuah hutan yang sangat diperhatikan dan dilindungi.

Hutan konservasi di Kolaka tersebutlah yang menjadi sumber kehidupan bagi warga sekitar. Pemerolehan sumber air bersih adalah hasil dari bagusnya pelestarian hutan. Jika hutan ditambang, hutan akan menjadi gundul, dan tanah tidak akan menjadi produktif lagi. Hutan akan mati, produksi air menurun, cuaca menjadi panas, dan kehidupan ekosistemnya terganggu.

Panjangnya perjuangan para penambang emas di Kolaka ini menjadikan bukti bahwa memang prinsip warga sangatlah kuat. Tekat penambang pun juga sangat kuat, sehingga keduanya ibarat batu dengan batu. Saling berkeras hati.

Bahkan kendala ijin dari pemerintah setempat pun juga sangat sulit. Banyak kendala yang harus dihadapi.  Bayangan untuk kemudahan mengeksplor tambang emas rakyat di Sultra ini sangatlah jauh dari harapan. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan hati masyarakat sekitar dan pemerintah setempat.

Wilayah konservasi yang dijadikan target penambangan ini memang cukup berat untuk dikabulkan, karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Apalagi bukan hal baru bagi kita bahwa penebangan hutan akan berakibat bencana yang besar. Apalagi kegiatan tambang akan melubangi tanah hutan sedalam-dalamnya, maka tidak akan ada kesempatan akar tumbuhan yang telah ditebang untuk tumbuh lagi.

Beberapa daerah berpotensi emas di lokasi terbaru yang ada di Kolaka adalah Taman wisata Alam Mangolo di Kelurahan Ulunggukala salah satu diantaranya. Tanahnya memang menyimpan pundi-pundi kekayaan berupa pasir-pasir emas. Namun di atas tanahnya ada pepohonan yang terangkum dalam hutan yang luas, maka akan sangat berbahaya jika tanahnya digali.

 

Artikel Terkait :

Related Posts:

lokasi tambang emas balikpapan

Beginilah Keadaan Lokasi Tambang Emas BalikPapan

Lokasi Tambang Emas BalikPapan – Balikpapan merupakan sebuah kota di...

Lokasi Tambang Emas Balikpapan

Lokasi Tambang Emas Balikpapan – Sistem pengolahan emas di Balikpapan...

lokasi tambang emas singkawang

Bagaimana Lokasi Tambang Emas di Singkawang

Lokasi Tambang Emas  Singkawang – Asal-usul nama Singkawang berasal dari...