Lokasi Tambang Emas Lombok Barat

lokasi tambang emas lombok barat

Lokasi Tambang Emas Lombok Barat – Dahulu Lombok artinya  lurus, Sasak merupakan kata dari sak-sak berarti perahu bercadik. Malahan, banyak orang salah mengartikan sebagai pulau pedas. Sejak zaman kerajaan Majapahit sudah terkenal, Hal ini sudah terbukti di dalam buku Negarakertagam, yang ditulis oleh Empu Prapanca bahwa ditemukan pulau lomboq.

Jumlah penduduk pulau ini pada tahun 2001: 2.722.123 jiwa. Bentuk dari lombok bulat seperti ekor, sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km, sedangkan luasnya mencapai 5.435 km2., Sehingga mendapatkan peringkat 108 dari daftar luas terbesar di dunia. kota utama di wilayah ini adalah Kota Mataram.

Selat Lombok menandai batas flora fauna Asia. Mulai dari pulau Lombok ke arah timur, sama dengan fauna maupun flora yang dijumpai di Australia daripada Asia, Alfred Russel Wallace, adalah ilmuwan yang pertama kali menyatakan hal ini, seorang inggris pada abad ke-19.

Pulau ini termasuk provinsi Nusa Tenggara Barat yang  terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota, yang akan di sebutkan di bawah ini :
Lombok termasuk provinsi Nusa Tenggara Barat dan pulau ini sendiri dibagi menjadi 4 Kabupaten, 1 Kota:

  • Kota Mataram
  • Kabupaten  Tengah
  • Kabupaten Pulau Lombok Barat
  •  Kabupate Lombok Utara
  • Kabupaten Lombok di wilayah Timur

Nah kali ini saya akan membahas Lokasi Tambang Emas Lombok Barat pada artikel di bawah ini:

Lokasi Tambang Emas Lombok Barat:

Kegiatan di pulau Lombok ini begitu banyak karena sumber daya alam yang dimilikinya. Misalnya Aktivitas pertambangan liar di Kecamatan Sekotong, Lokasi Tambang Emas Lombok Barat , Provinsi Nusa Teggara Barat  semakin marak. Penambang bahkan menggali aspal jalan di Dusun Rambut Petung Desa Pelangan. “Aksi para penambang liar sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Akan tetapi tidak ada tindakan pemerintah.

Pada awalnya penggalian dilakukan penambang hanya di pegunungan. Namun, mereka malahan memperluas areal penggaliannya hingga ke jalan. Hal itu terjadi dikarenakan menduga terdapat bebatuan yang mengandung emas. Kebanyakan potensi emas di Sekotong, mencapai ribuan ton tentunya apabila benar kesejahteraan rakyat bisa terjamin.

Selanjutnya, berdasarkan informasi Kecamatan Sekotong.  bahwa kegiatan penambang emas liar berkembang sangat pesat, Bahkan telah meluas di berbagai desa, Malahan ada yang masuk kawasan hutan lindung dan ada juga di lahan milik warga. Namun pada sisi lainnya itu meyebabkan kerugian pemda ataupun penyebab kerusakan lingkungan.

Artikel Terkait :

Related Posts:

lokasi tambang emas terbesar di dunia

Inilah 5 Tambang Emas Terbesar di Dunia

Lokasi Tambang Emas Terbesar di Dunia – Emas adalah Logam...

pengolahan emas sistem tromol

Pengolahan Emas dengan Sistem Tromol (Gelundung)

Pengolahan Emas  Sistem Tromol- Logam berwarna kuning yang biasa disebut...

lokasi tambang emas labuan badas

Inilah Lokasi Tambang Emas Labuan badas

Lokasi Tambang Emas Labuan badas – Labuan Sumbawa adalah desa...