Lokasi Tambang Emas Di Kalimantan Tengah

tambang emas kalimantan tengah

Tambang emas Kalimantan tengah – Penambang emas terbaik dan yang paling banyak berhasil adalah penambang emas yang melakukan penambangan di Pulau Kalimantan. Kebanyakan para penambang adalah berasal dari Pulau Jawa. Lokasi tambang emas Kalteng yang strategis dan berpotensi besar sangat menjanjikan perekonomian para pendatang.

Pulau Kalimantan adalah pulau yang yang masih jarang penduduknya. Tidak seperti Pulau Jawa yang sangat padat penduduknya. Pulau ini masih didominasi oleh hutan dan lingkungan alam yang hijau, sehingga ketika dilakukan penambangan, tidak akan berdampak langsung terhadap masyarakat karena jauh dari pemukiman.

 

Lokasi Tambang Emas Kalimantan Tengah

Beberapa lokasi tambang emas Kalteng pun sudah beroperasi sejak sekian lama. Mereka sudah mengenal alat-alat pertambangan modern, sehingga sudah lebih canggih proses penambangannya.

Salah satu lokasi pertambangan emas yang ada di Kalimantan tengah adalah di Pangkalan Bun. Di sini, lokasi penambangan emas sudah sangat ramai dan juga sekalian dengan pengolahannya. Sistem pengolahan emas yang ada di Pangkalan Bun ini menggunakan sistem pengolahan yang sudah canggih juga. Namun sayangnya beberapa titik lokasi masih terkendala ijin pemerintah setempat.

Selain di Pangkalan Bun, ada juga lokasi penambangan emas yang ada di wilayah Palangkaraya.  Di sini, penambangan emas juga sudah berlangsung lama. Salah satunya adalah di Kecamatan Bukit Batu. Penggalian tambang emas dilakukan dengan gencar di sini, karena memang potensi emas yang ada sangatlah besar.

Tidak kalah ramainya dengan lokasi penambangan emas di Pangkalan Bun dan Palangkaraya, Sampit juga menjadi lokasi penambangan emas yang besar di Kalimantan Tengah. Bahkan penduduknya pun sebagian besar bekerja mendulang emas. Hasilnya pun sangat terasa dan meningkatkan pendapatan mereka.

Sejarah penemuan potensi emas di Sampit ini sempat mengalami kontra, karena banyak yang tidak percaya. Namun setelah dibuktikan bahwa Sampit memiliki pasir yang mengandung emas, maka selanjutnya Sampit dijadikan sebagai lokasi tambang emas Kalteng.

Baik di pangkalan Bun, Palangkaraya, dan Sampit, masing-masing memiliki potensi emas tersendiri beserta kualitas masing-masing. Penemuan lokasi-lokasi baru tambang emas Kalteng menjadi lebih berkembang, tentunya dipilih dengan prosedur yang ada dan dilakukan penambangan yang ramah lingkungan.

 

Artikel Terkait :

Related Posts:

lokasi tambang emas balikpapan

Beginilah Keadaan Lokasi Tambang Emas BalikPapan

Lokasi Tambang Emas BalikPapan – Balikpapan merupakan sebuah kota di...

lokasi tambang emas singkawang

Bagaimana Lokasi Tambang Emas di Singkawang

Lokasi Tambang Emas  Singkawang – Asal-usul nama Singkawang berasal dari...

lokasi tambang emas terbesar di dunia

Inilah 5 Tambang Emas Terbesar di Dunia

Lokasi Tambang Emas Terbesar di Dunia – Emas adalah Logam...