Beginilah Keadaan Lokasi Tambang Emas BalikPapan

lokasi tambang emas balikpapan

Lokasi Tambang Emas BalikPapan – Balikpapan merupakan sebuah kota di Kalimantan Timur, Indonesia. Ternyata, Balikpapan ini merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-indonesia. Sejarah Kota ini tidak bisa dipisahkan dengan Minyak yaitu lebih tepatnya dengan sumur minyak Mathilda. Setiap tanggal 10 Februari merupakan hari jadi Kota Bilipapan penetapan tanggal ini merupakan tanggal terjadinya peneboran pertama sumur minyakndi Bilipapan dan merupakan hasil seminar sejarah Kota Balipapan tanggal 1 Desember 1984.

Kota ini, sebagai salah satu kota yang tidak mengeluarkan izin pertambangan batubara diwilayahnya, hal ini sama dengan Kota Tarakan. Sebenarnya perizinan pertambangan batu bara atau mas hitam. Sudah lama Pemerintah Kota Bilipapan ini belum memastikan kapan akan ada izin pertambangan.

Padahal, untuk daerah Kecamatan Balikpapan timur, misalnya di Kelurahan Teritip, Lamaru, Manggar Baru. berdekatan dengan Kawasan Hutan Lindung Sungai Manggar. Dengan potensi kandungan emas hitam yang cukup tinggi, jika dibuka tambang, maka bencara ekologi akan ditanggung wilayah sekitar. Secara otomatis kerusakan lingkungan akan terjadi. Pemerintah sempat mengatakan semenjak adanya pertambang emas ini Balikpapan jadi sering terjadinya longsor dan kerusakan hutan. Air bersih juga semakin kurang karena resapan air menyempit, erosi mudah terjadi serta air sungai pun menjadi keruh.

Di bawah ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai Lokasi Tambang Emas Balikpapan :

Lokasi Tambang Emas Balikpapan

Sejak lama Kalimantan Timur dikenal sebagai daerah tambang emas rakyat. Di kalangan pemburu emas mancanegara, sering disebut sebagai kawasan sabuk emas Kalimantan Gold Belt. Penemuan emas oleh Suku Daya yang berdiam di pinggir sungai itu melaporkan pertama kalinya tahun 1950-an. Menurut catatan pemerintah, tahun 1958-1963 dihasilkan emas 100-300 kg/tahun. Saat itu, penambang rakyat semakin banyak. Pada tahun 1980-1981 ada sekitar 40 lubang dibor lagi dan menunjukkan kandungan sebesar 20-30 ton berkadar emas.

Setelah tahun 1963, penambangan emas itu terhenti. Kemudian, pada tahun 1979 kembali ramai menyusul naiknya harga emas. Lebih dari 10.000 pendatang yang menambang di sana. Akan tetapi, walau hasil yang didapatkan sangat banyak, keadaan lokasi di Kalimantan Timur ini masih kurang aman karena belum adanya izin pernambangan emas.

Para penambang ini sudah lama mengajukan Surat Izin Penambangan Emas, agar mereka menambang dengan aman tapi saat ini belum ada jawaban dari Pemerintahan Kaltim

Artikel Terkait :

Related Posts:

lokasi tambang emas pulau buru

Berikut ini Lokasi Tambang Emas Pulau Buru

Lokasi Tambang Emas Pulau Buru – Penemuan tambang emas di...

lokasi tambang emas lombok barat

Lokasi Tambang Emas Lombok Barat

Lokasi Tambang Emas Lombok Barat – Dahulu Lombok artinya  lurus, Sasak...

Produk Tambang Emas

Beberapa Produk Tambang Emas yang Dibutuhkan

Produk Tambang Emas – Apa itu Emas? , Emas adalah...