Daftar Lokasi Tambang Di Indonesia

tambang emas di indonesia

Tambang Emas di Indonesia – Emas logam lunak yang  mudah dibentuk dinilai sebagai benda yang memiliki harga mahal karena menggunakan kebijakan moneter sampai saat ini. Benda lunak yang mudah ditempa memiliki berat  yang sesuai dengan seberapa banyak zat yang ikut tercampur menjadi satu. Ini terjadi pada saat emas terbentuk melalui proses pengkonsentrasian di permukaan bumi.

Sistem paling banyak digunakan di tambang emas di Indonesia adalah sistem siram. Sistem penyiraman banyak digunakan karena perusahaan mengetahui, bahwa keuntungan yang akan didapatkan tidak akan banyak dan perusahaan bisa meminimalkan pengeluaran karena menggunakan sistem siram membutuhkan biaya yang murah.

 

Tambang Emas di Indonesia

Potensi adanya tambang emas di Indonesia sangat banyak, tersebar di semua pulau besar yang ada di Indonesia. Dari mulai Pulau Papua, Pulau Sumbawa, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Riau. Dimiliki oleh 3 pemilik swasta yaitu PT Aneka Tambang (perusahaan tambang emas di Indonesia milik BUMN), Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc tambang emas di Indonesia milik Amerika Serikat dan PT Newmont Nusa Tenggara tambang emas di Indonesia milik beberapa investor asing.

Tambang emas di Indonesia banyak menggunakan pengolah emas dengan sistem Tong Sianida. Sistem Tong Sianida sendiri adalah sistem emas yang direndam di dalam Tong dengan menggunakan campuran Sianida. Sistem pengolahan Emas bertujuan untuk pemisahan logam emas dari logam lain, proses pemurnian emas menjadi 99,99%, proses peleburan untuk mengambil zat perak dan tembaga.

Salah satu lokasi tambang emas ditemukan berada di kawasan Gunung Pongkor. Bogor, Jawa Barat. Mulai di lakukan penambangan pada tahun 1974 hingga 1981. Memiliki endapan emas dan perak, dieksploitasi secara berlebihan menyebabkan pemerintah menghentikan penambangan pada tahun 1981. Mulai dilakukan penambangan pada tahun 1983 melakukan penambangan sebanyak 2,5 ton per tahun. Sering dilakukan penambangan secara besar-besaran membuat keberadaan emas di Pongkor semakin menipis.

Pada tahun 2013 lalu Tambang emas di Gunung Pngkor mendapatkan izin perpanjangan kontrak sampai 2021. Langkah reklamasi sudah mulai di lakukan oleh Pabrik Antam. Pabrik yang sudah mulai beroperasi pada tahun 2000 ini melakukan operasi 5 Ton per tahun. Memiliki wilayah tambang seluas 6.047 hektar keberadaan emas di Pongkor mulai habis.

 

Artikel Terkait:

Related Posts:

lokasi tambang emas bolang mongondow

Begitu banyak emas di Lokasi Tambang Emas Bolang Mongondow

Lokasi Tambang Emas Bolang Mongondow ­- Kabupaten Bolaang Mongondow adalah...

lokasi tambang emas lombok barat

Lokasi Tambang Emas Lombok Barat

Lokasi Tambang Emas Lombok Barat – Dahulu Lombok artinya  lurus, Sasak...

tambang emas kalimantan tengah

Lokasi Tambang Emas Di Kalimantan Tengah

Tambang emas Kalimantan tengah – Penambang emas terbaik dan yang paling...