Cara Pengolahan Emas Sistem Gelundung Atau Tromol

gelundung atau tromol

Gelundung atau tromol – Di dalam pertambangan emas ada beberapa cara yang dilakukan oleh penambang untuk mendapatkan emas. Yang mana salah satu caranya adalah dengan menggunakan teknik pengolahan batuan emas menggunakan mesin tromol atau gelundung.

Tromol atau gelundung adalah sebuah tong baja dengan diameter 40 hingga 50 cm, tebal 8 hingga 10 mm dan panjang 70 hingga 80 cm, memiliki lubang bagian atas ukuran 15×20 cm dan ditutup dengan menggunakan baja dan baut, memiliki sebuah lubang sebesar mur baut 1, pada bagian kiri kanan dipasang shaft bearing supaya dapat berputar, digerakkan mesin diesel.

 

Baca juga : Ternyata ada Lokasi Tambang Emas Terbaru

 

Tata Cara Pengolahan Emas Sistem Gelundung atau tromol

                Melalui teknologi yang modern dan canggih seperti sekarang ini, maka kegiatan pertambangan emas juga mulai menggunakan pemisahan emas menggunakan sistem gravitasi yakni pendulangan dan gelundung. Pengolahan emas sistem gelundung ini sering disebut juga sistem tromol.

Mengolah emas sistem tromol yaitu menggunakan sebuah tabung ukuran besar yang digerakkan oleh sebuah mesin diesel.  Proses kimiawinya dengan cara mencampuri bahan kimia tambang emas yakni air raksa atau merkuri. Dengan merkuri jumlah banyak bahan campuran dalam proses pengolah emas dimasukkan ke dalam tromol akan semakin baik.

Merkuri merupakan media yang dapat menangkap serbuk emas pada waktu lumpur dalam tromol atau gelundung. Setelah proses pengolahan emas selesai, lakukan penyaringan dengan menggunakan kain payung, hal ini dilakukan sebagai pemisah antara serbuk emas yang masih tercampur dengan merkuri.

Setelah memperoleh serbuk emas dengan warna abu-abu, taburilah dengan tawas. Tawas sebenarnya memiliki manfaat sebagai pelindung serbuk emas supaya tidak berhamburan pada saat penyemprotan berlangsung. Tunggulah serbuk emas mencair,  kemudian dinginkan hingga mengeras.

 

Bahan Kimia Untuk Pengolahan Sistem Gelundung atau tromol

Bahan kimia pengolahan emas yang biasa digunakan saat proses pengolahan emas sistem gelundung atau tromol adalah air raksa. Hg dibeli sebaiknya asli dan murni yang juga memiliki kualitas yang baik sehingga dapat menangkap serbuk emas di dalam lumpur, Belilah produk di Distributor terpercaya salah satunya PT.Karkoon Group Asia.

 

Artikel Terkait :

  • Beberapa Produk Tambang Emas yang Dibutuhkan

Related Posts:

penggunaan boraks decahydrate

Apa Itu Boraks Decahydrate?

Penggunaan boraks decahydrate – Boraks berasal dari bahasa Arab yaitu...

Produk Tambang Emas

Beberapa Produk Tambang Emas yang Dibutuhkan

Produk Tambang Emas – Apa itu Emas? , Emas adalah...

lokasi tambang emas lombok barat

Lokasi Tambang Emas Lombok Barat

Lokasi Tambang Emas Lombok Barat – Dahulu Lombok artinya  lurus, Sasak...