Apa Itu Boraks Decahydrate?

penggunaan boraks decahydrate

Penggunaan boraks decahydrate – Boraks berasal dari bahasa Arab yaitu bouraq yang berarti putih. Boraks adalah bahan solder dan bahan untuk pembersih yang berbentuk kristal yang lembut serta mudah larut dalam air, berwarna putih dan tidak berbau. Salah satu nama lain dari boraks ialah boraks decahydrate. Penggunaan boraks decahydrate umumnya sebagai bahan untuk industri non pangan.

Nama lain dari boraks sendiri selain boraks decahydrate bermacam-macam, yaitu sodium biborate decahydrate, sodium pyroborate decahydrate, boron sodium oxide, fused borax, disodium tetraborate decahydrate, sodium borate, dan sodium tetraborate decahydrate.

Penggunaan boraks decahydrate biasanya untuk industri rumah tangga seperti detergen, tambahan untuk formula pasta gigi dan banyak digunakan untuk pengolahan emas. Sementara fungsi penggunaan boraks decahydrate dalam pengolahan emas adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai pengganti raksa dalam proses pengolahan/ pemurnian emas dimana boraks lebih aman daripada raksa yang limbahnya membahayakan dan dapat meracuni organisme di lingkungan sekitar
  2. sebagai fluks untuk melelehkan dan membuat logam perhiasan emas.
  3. Boraks decahydrate sebagai bahan untuk mengekstrasi emas.
Fungsi penggunaan boraks decahydrate dalam pengolahan emas
  • Boraks decahydrate sebagai bahan campuran penghancur biji emas menjadi butiran- butiran halus
  • Memisahkan emas yang belum murni dari campuran unsur logam atau unsur kimia lainnya.
  • Boraks decahydrate memudahkan emas untuk menyatu saat proses pembakaran atau pelelehan emas karena sifatnya yang dapat menurunkan titik leleh emas tanpa memerlukan suhu yang sangat tinggi

Proses kerja dalam penggunaan boraks decahydrate yaitu saat terjadi proses pelelehan emas boraks yang cair akan ikut larut bersama logam yang dilelehkan. boraks decahydrate akan mengoksidasi cairan dari logam-logam emas yang memiliki potensial elektroda rendah.

Logam emas biasanya masih tercampur dengan sebagian tembaga. Juga kemungkinan lainnya emas tercampur dengan timbal atau unsur metalloid lainnya. Sebagian tembaga, timbal atau jenis metalloid lainnya ini memiliki elektroda rendah. Saat logam mencair boraks mulai bekerja untuk mengoksidasi kandungan logam yang tidak diinginkan tadi sehingga emas akan menjadi murni.

Sebenarnya penggunaan boraks decahydrate sudah  diproduksi sejak tahun1700 di Indonesia. Bentuk boraks pada waktu itu ialah air bleng yang dihasilkan dari alam seperti ladang garam atau kawah lumpur. Sehingga dulu boraks disebut dengan bleng yang bentuknya tidak murni. Sementara itu asam borat murni buatan industri farmasi lebih dikenal dengan nama boraks.

Bentuk boraks yang kita kenal saat ini berbentuk serbuk kristal putih. Atau nama kimianya yaitu sodium borat (Na2B4O7.10H2O). Bentuk boraks lainnya yaitu cair atau larut dalam air disebut natrium hidroksida (NaOH) dan asam borat (H3BO3).

Artikel Terkait :

Related Posts:

Produk Tambang Emas

Beberapa Produk Tambang Emas yang Dibutuhkan

Produk Tambang Emas – Apa itu Emas? , Emas adalah...

lokasi tambang emas lombok barat

Lokasi Tambang Emas Lombok Barat

Lokasi Tambang Emas Lombok Barat – Dahulu Lombok artinya  lurus, Sasak...

tambang emas di indonesia

Daftar Lokasi Tambang Di Indonesia

Tambang Emas di Indonesia – Emas logam lunak yang  mudah...